Defenisi Kipas Angin dan Tips Perbaikannya

4 comments
Kipas angin dipergunakan untuk menghasilkan angin. Fungsi yang umum adalah untuk pendingin udara, penyegar udara, ventilasi (exhaust fan), pengering (umumnya memakai komponen penghasil panas). Kipas angin juga ditemukan di mesin penyedot debu dan berbagai ornamen untuk dekorasi ruangan.
     Kipas angin secara umum dibedakan atas kipas angin tradisional antara lain kipas angin tangan dan kipas angin listrik yang digerakkan menggunakan tenaga listrik.
Perkembangan kipas angin semakin bervariasi baik dari segi ukuran, penempatan posisi, serta fungsi. Ukuran kipas angin mulai kipas angin mini (Kipas angin listrik yang dipegang tangan menggunakan energi baterai), Kipas angin digunakan juga di dalam Unit CPU komputer seperti kipas angin untuk mendinginkan processor, kartu grafis, power supply dan Cassing. Kipas angin tersebut berfungsi untuk menjaga suhu udara agar tidak melewati batas suhu yang di tetapkan. Kipas angin juga dipasang pada alas atau tatakan Laptop untuk menghantarkan udara dan membantu kipas laptop dalam mendinginkan suhu laptop tersebut.
     Kipas angin dapat dikontrol kecepatan hembusan dengan 3 cara yaitu menggunakan pemutar, tali penarik serta remote control. Perputaran baling-baling kipas angin dibagi dua yaitu centrifugal (Angin mengalir searah dengan poros kipas) dan Axial (Angin mengalir secara pararel dengan poros kipas.
 Kerusakan Yang Sering Terjadi Pada Kipas Angin
-Tidak bergerak kearah kiri dan kanan


Cara memperbaiki kerusakan pada Kipas Angin
Kerusakan seperti ini memang sudah tidak asing lagi kita dengar biasanya ditandai dengan kipas tidak berputar dan getaran pada kipas angin tidak ada sama sekali,banyak faktor penyebab terjadi nya mati total salah satunya adalah:
  • Sekring (fuse) putus: Sekring putus biasanya dikarenakan pemakaian kipas angin yang terlalu lama sehingga suhu pada spull mngelami panas yang berlebihan maka sekring (fuse) putus.fuse berfungsi untuk pengaman spull.
Terminal Fuse
Terminal Fuse

Sekring (Fuse)
Sekring (Fuse)
  • Wayar/kabel AC: cek kabel Ac nya mungkin ada yang putus dikarenakan digigit tikus atau mungkin kabel sudah kapuran sehing wayar tidak berfungsi dengan baik.
  • Timer rusak: nah bagi yang kipas nya memilki timer waktu,biasanya ini jugak penyebab matitotal, karana itu fungsinya juga seperti saklar jadi kalau saya biasanya tidak memfungsikan nya lagi karena orang rata-rata tidak paham mengunakan timer waktu tersebut oleh karna itu kabel pada timer di langsungkan saja.
    Timer
    Timer
  • Spull: biasanya spull sering terbakar atau short jika sudah seperti ini biasanya saya langsung beli spull kipas angin yang sudah jadi,karna kalau di gulung ke tukang dinamo repot dan biayanya lebih mahal mending beli yang jadi aja.
Motor/spull yang ada di pasaran
Motor/spull yang ada di pasaran

-Berputar tetapi pelan (kencangnya lama)
Gejala seperti ini adalah kerusakan yang paling menyebalkan karena dia hidup tapi tidak bisa digunakan,kerusakan ini ditandai dengan kipas angin bergetar seperti dengung, baling-baling berputar pelan atau bahkan tidak berputar sama sekali bahkan kadang kita bantu putar dan lama kelamaan baru kencang. Hal yang harus kita periksa adalah:
  • Pastikan As nya tidak kesat atau macet: jika macet kalian harus membersihkan nya dan memberi sedikit pelumas agar licin, biasanya mungkin terlalu banyaknya debu atau kotoran lainnya yang menempel pada AS sehingga macet atau kesat.
  • Bos (bearing):biasanya ini sering haus karena terkikis dengan besi as pada kipas anginnya, dan bos  (bearing) ini juga sering goyang sehingga kipas akan pelan berputar.biasanya langsung aja ganti dengan yang baru.
    Bearing
  • Kapasitor: ini adalah komponen yang sangat berpengaruh untuk kencang dan lambat nya kipas angin.biasanya kapasitor ini sering gembung atau sudah lemah (ukurannya 1uf, 1,5uf, 2uf, 2,5uf dansebagainya). semangkin tinggi nilai kapasitor nya maka semangkin kencang pula putaran kipasny.saran saya gantilah kapasitor yang sesuai dengan bawaan awalny.
    Gambar Kapasitor

    Kapasitor di belakang dinamo
  •  Spull: spull juga berpengaruh dalam hal ini,jika yang diatas belum ok juga kemungkinan spull nya lemah sehinga tidak mampu untuk memutar As nya.
    Gulungan Spull
 -Tidak bergerak kearah kiri dan kanan 
Bergerak kearah kiri dan kanan ini untuk menyebarkan angin keseluruh ruangan.
Untuk kerusakan seperti ini hal yang harus kita periksa adalah:
  • periksa bagian belakang motor/dinamo kipas, biasanya karena terlalu lama dipakai baut pengunci antara dinamo dan roda gigi kendor. untuk kipas angin yang menggunakan dinamo tersendiri, periksa saklar on/off nya dan ada kemungkinan dinamo penggeraknya yang rusak. 
    Gambar besi kiri kanan nya
  • Besi palang yang berada pada belang motor/dinamo (patah), mungkin dikarenakan putaran kiri kanan nya ada yang nyangkut atau mungkin memang sudah faktor usia
  • Kacang-kacang lepas, ini mungkin karena penarikan panel untuk kiri kanan nya terlalu kekencengan.
    Penel arah kiri kanannya
  • Dinamo (jika ada):ini jugak sering rusak biasanya saya ganti aja dengan yang baru atau roker dari kipas yang lama (jika ada merek yang sama).
-Tombol speednya tidak berfungsi
(misal kipas angin mempunyai 3 tombol speed, tetapi speed no 3 mati), kemungkinan pertama kerusakan pada tombol speednya, kemungkinan kedua kerusakan pada motor/dinamo kipasnya.
  • jika kerusakan pada tombol nya kemungkinan kesat atau karatan sehingaga tombol jika ditekan tidak berfungsi dengan baik,kalian bisa memberi sedikit minyak pembersih (cleaner).
    Gambar tombol speednya
  • jika tombolnya bagus tapi speed no 3 tidak berfungsi kemungkinan besar ada kerusakan pada motor/dinamo nya kalian bisa melakukan pengukuran dengan multi tester.
Demikianlah sedikit ulasan mengenai Kerusakan Yang Sering Terjadi Pada Kipas Angin & Cara memperbaiki kerusakan pada Kipas Angin. semoga artikel saya kali ini bisa menambah pengetahuan kita dan terus lah saling berbagi ilmu dengan sesama dan jangan lupa kunjungi juga Vivagoal Situs Berita Bola Terkini
Wassalam....

Kunjungi juga artikel terkait:

4 komentar

Kunjungi www.semut31.blogspot.com

izin bertanya, Kipas angin padam total, ditespen arus listrik masuk, trus sekringnya putus, Apakah boleh sekringnya di jumper aja?
Thanks

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.